Download Resetter Canon IP2770

√ Download Resetter Canon IP2770 Serta Cara Resetnya

Diposting pada

Elektrikindo.com – √ Download Resetter Canon IP2770 Serta Cara Resetnya. Canon IP2770 adalah printer produksi Canon yang sangat populer di kalangan mahasiswa. Printer ini terkenal karena mudah dioperasikan dan harganya sangat terjangkau.

Canon IP2770 dijual dengan harga mulai dari Rp 600 ribu, membuatnya mudah diakses oleh banyak orang. Kemudahan penggunaan dan harga yang murah menjadikan Canon IP2770 pilihan favorit di kalangan mahasiswa.

Selain itu, Canon IP2770 memiliki kecepatan pencetakan yang stkalianr namun cukup untuk kebutuhan pencetakan dengan intensitas tinggi. Kualitas cetakannya juga cukup memuaskan, dengan kemampuan mencetak dokumen berwarna hingga resolusi maksimal 4800 x 1200 Dots Per Inch (DPI).

Fitur-Fitur Canon IP2770

Canon IP2770 merupakan salah satu printer yang laris di pasaran, dirancang untuk kebutuhan pencetakan dengan intensitas rendah hingga sedang. Printer ini sering digunakan untuk berbagai kebutuhan cetak karena bobotnya yang ringan.

Printer buatan Canon ini juga populer untuk mencetak gambar, mendukung kualitas cetakan yang cukup tinggi. Seri ini juga mampu melakukan pencetakan tanpa tepi hingga ukuran A4.

Penasaran dengan fitur-fitur yang dimiliki Canon IP2770? Berikut adalah beberapa kemampuan dari printer mungil ini:

1. Print Speed

Meskipun berukuran kecil dan harganya terjangkau, Canon IP2770 menawarkan kecepatan cetak yang cukup stkalianr. Printer ini mampu mencetak dokumen hitam putih dengan kecepatan hingga 7,5 halaman per menit (ppm). Untuk dokumen berwarna, kecepatannya mencapai 4,5 ppm. Kecepatan ini cukup memadai untuk penggunaan sehari-hari seperti mencetak tugas kuliah atau dokumen kantor sederhana.

2. Print Resolution

Canon IP2770 juga unggul dalam hal resolusi cetak. Untuk pencetakan dokumen hitam putih, printer ini menawarkan resolusi hingga 600 x 600 dpi, memberikan hasil yang tajam dan jelas. Sementara itu, untuk pencetakan gambar berwarna, printer ini mampu mencapai resolusi maksimal 4800 x 1200 dpi. Resolusi tinggi ini memastikan bahwa gambar dan foto yang dicetak memiliki detail yang halus dan warna yang kaya, ideal untuk mencetak foto atau gambar berkualitas tinggi.

3. Dukungan Kertas

Canon IP2770 tidak hanya terbatas pada pencetakan dokumen biasa di kertas HVS. Printer ini juga mendukung berbagai jenis kertas gambar, seperti Matte dan Glossy. Dengan fleksibilitas ini, pengguna dapat mencetak dokumen, presentasi, atau gambar berkualitas tinggi pada berbagai media. Hal ini menjadikan Canon IP2770 pilihan yang sangat baik untuk berbagai kebutuhan cetak, baik untuk keperluan akademik, profesional, maupun pribadi. Dukungan untuk kertas foto juga memungkinkan pengguna mencetak foto dengan kualitas studio di rumah.

4. Hemat Daya

Canon IP2770 dirancang untuk efisiensi energi, menjadikannya sangat cocok sebagai printer rumahan. Printer ini hanya mengonsumsi daya hingga 11 watt saat digunakan secara penuh, membuatnya hemat energi dan ramah lingkungan. Konsumsi daya yang rendah ini tidak hanya mengurangi biaya listrik, tetapi juga membantu dalam upaya konservasi energi. Dengan demikian, Canon IP2770 menawarkan kinerja yang hkalianl tanpa mengorbankan efisiensi energi, menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang peduli dengan konsumsi daya dan biaya operasional.

Masalah apa saja yang menyebabkan harus reset printer Canon?

1. Lampu Indikator LED pada Printer Berkedip

Salah satu tkalian bahwa printer Canon perlu di-reset adalah ketika lampu indikator LED berkedip secara bergantian. Hal ini sering terjadi saat kalian mencoba mencetak dokumen, namun printer tiba-tiba tidak dapat digunakan. Lampu indikator yang berkedip ini menkaliankan adanya masalah internal yang memerlukan reset untuk mengembalikan printer ke kondisi normal.

2. Tempat Pembuangan Tinta Sudah Penuh

Printer Canon dilengkapi dengan tempat pembuangan tinta yang menampung tinta berlebih selama proses pencetakan. Jika tempat pembuangan tinta ini penuh, printer akan mendeteksi bahwa kapasitasnya telah mencapai batas maksimum. Ketika ini terjadi, printer tidak akan berfungsi hingga kalian melakukan reset. Reset diperlukan untuk mengatur ulang hitungan dan memungkinkan printer untuk terus beroperasi setelah tempat pembuangan tinta telah dikosongkan atau diganti.

3. Overprint

Setiap printer memiliki batasan jumlah dokumen yang dapat dicetak sebelum memerlukan reset, yang dikenal sebagai overprint. Printer Canon menghitung jumlah halaman yang telah dicetak, dan ketika angka ini mencapai batas yang telah ditentukan, printer secara otomatis akan berhenti beroperasi. Untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan fungsi printer, kalian perlu melakukan reset, yang akan mengatur ulang hitungan halaman dan memungkinkan printer untuk melanjutkan pencetakan.

Cara Reset Printer Canon IP2770 Manual

Untuk melakukan reset printer Canon IP2770, ada beberapa langkah yang harus kalian ikuti secara berurutan. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada langkah yang terlewat, sehingga proses reset dapat berhasil.

Sebagai informasi, metode ini telah berhasil digunakan untuk mengatasi error 5B00 pada Canon IP2770. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan:

1. Download Resetter

Software resetter Canon IP2770 yang sering digunakan adalah Service Tool. Aplikasi ini sangat efektif untuk melakukan reset dan mengatasi berbagai masalah printer, termasuk yang telah disebutkan sebelumnya.

kalian dapat mengunduh aplikasinya di bawah ini:

Kedua versi Service Tool ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada tampilan aplikasinya. Silakan unduh semua aplikasi tersebut karena informasi lebih lanjut akan diberikan nanti.

2. Masuk Service Mode

Sebelum memulai proses reset printer Canon IP2770, kalian harus terlebih dahulu masuk ke service mode. Langkah ini sangat penting, karena jika tidak dilakukan, proses reset tidak akan berhasil.

Berikut adalah cara masuk ke service mode pada Canon IP2770:

  • Matikan printer terlebih dahulu.
  • Tekan tombol Resume selama dua detik sambil menekan tombol Power (hingga lampu indikator berwarna hijau).
  • Setelah lampu indikator berwarna hijau, lepas tombol Resume tetapi tetap tahan tombol Power.
  • Tekan tombol Resume sebanyak 5 kali (tekan dan lepaskan tombol hingga 5 kali).
  • Setelah menekan tombol Resume 5 kali, lepaskan kedua tombol secara bersamaan. Lampu indikator akan berkedip dan berwarna hijau secara otomatis.
  • Setelah kalian berhasil masuk ke service mode, komputer atau laptop kalian akan mendeteksi Canon IP2770 sebagai perangkat baru. Ini adalah hal yang normal, jadi lanjutkan ke langkah berikutnya tanpa khawatir.

3. Masukkan Kertas

Penting untuk memastikan bahwa printer sudah terisi kertas sebelum melanjutkan. Kertas ini diperlukan untuk mencetak dan memverifikasi apakah proses reset berhasil.

kalian tidak perlu memasukkan terlalu banyak kertas; beberapa lembar saja sudah cukup. Pastikan minimal ada lebih dari dua lembar kertas yang terpasang pada printer.

4. Proses Reset Printer

Sekarang kita masuk ke proses inti, yaitu melakukan reset Canon IP2770 menggunakan aplikasi resetter atau Service Tool. Karena kalian sudah mengunduh dua versi Service Tool, berikut adalah panduan untuk masing-masing versi.

Perhatian: Pada beberapa laptop, Service Tool v1074 mungkin langsung berhasil. Namun, jika v1074 mengalami not responding, kalian bisa mencoba menggunakan Service Tool v3400.

Service Tool v1074

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Service Tool v1074:

  1. Ekstrak file Service Tool v1074 di perangkat kalian.
  2. Buka aplikasinya dengan double klik.
  3. Di dalam aplikasi Service Tool, klik opsi “Main” pada bagian “Clear Ink Counter” dan tunggu proses selesai. Setelah selesai, printer akan mencetak dengan hasil tulisan “D=000*0”.
  4. Pada bagian “Operation”, klik “EEPROM Clear”. Jika berhasil, akan muncul pesan “A function was finished”; klik OK.
    Terakhir, klik “EEPROM”. Jika muncul jendela baru, biarkan pengaturan default dan klik OK. Tunggu printer melakukan pencetakan otomatis.
  5. Pada hasil cetakan, kalian akan melihat banyak tulisan. Namun, yang terpenting adalah adanya tulisan “TPAGE(TTL=00000)”. Terkadang, angka pada TTL mungkin berbeda, namun itu tidak masalah.
  6. Selesai.

Service Tool v3400

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Service Tool v3400:

  1. Ekstrak file Service Tool v3400 yang telah kalian unduh.
  2. Jalankan aplikasinya dengan double klik.
  3. Langkah pertama, pada bagian “Clear Ink Counter”, ubah Absorber menjadi “Main” dan klik “Set”. Tunggu sebentar, printer akan mencetak dengan hasil tulisan “D=000*0”.
  4. Selanjutnya, pada bagian “Ink Absorber Counter”, lakukan hal yang sama dengan mengubah Absorber menjadi “Main” dan klik “Set”. Jika berhasil, akan muncul pesan “A function was finished”; klik OK.
  5. Klik “EEPROM”. Jika muncul jendela baru, biarkan pengaturan default (Paper = RearTray) dan klik OK. Tunggu printer melakukan pencetakan otomatis.
  6. Pada hasil cetakan, perhatikan tulisan “TPAGE(TTL=00000)”. Meskipun angka pada TTL mungkin berbeda, itu tidak masalah.
  7. Selesai.

Karena ada dua versi panduan, kalian dapat memilih metode mana yang lebih sesuai dengan preferensi kalian. Yang terpenting, pastikan kalian berhasil mengikuti langkah 1 hingga 7. Tidak masalah menggunakan Service Tool v1074 atau v3400.

5. Restart Canon IP2770

Setelah menyelesaikan proses reset menggunakan Service Tool, langkah terakhir adalah merestart printer Canon IP2770. Setelah restart, printer akan kembali ke pengaturan default dan siap digunakan seperti biasa.

Untuk mencoba apakah proses reset berhasil, kalian bisa mencetak dokumen dari Microsoft Word atau aplikasi sejenisnya. Jika printer dapat mencetak dengan lancar tanpa ada pesan kesalahan atau masalah lainnya, itu berarti proses reset telah berhasil dan printer siap digunakan dengan normal lagi.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan langkah-langkah yang terperinci di atas, kini kalian telah memiliki pemahaman yang kuat tentang cara menggunakan resetter untuk Canon IP2770. Dengan mengetahui prosesnya, kalian dapat dengan mudah mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul pada printer kalian.

Ingatlah bahwa menggunakan resetter memerlukan kewaspadaan dan ketelitian. Pastikan untuk mengikuti instruksi dengan seksama dan memahami implikasi dari setiap langkah yang kalian ambil.

Dengan demikian, jangan ragu untuk mengunduh resetter yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan. Dengan kemampuan ini di tangan, kalian dapat mengatasi masalah printer dengan cepat dan efisien, menghemat waktu dan biaya yang mungkin dikeluarkan untuk memperbaiki atau mengganti printer.

Semoga artikel Elektroindo.com ini bermanfaat bagi kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan tambahan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari sumber terpercaya atau komunitas pengguna Canon lainnya. Terima kasih telah membaca, dan semoga sukses selalu menyertai perjalanan kalian dengan printer Canon IP2770 kalian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *